Digelar Senam dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Kuala (Dinkes Batola) menggelar senam bersama dan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, Jumat (08/11/2019).
Kegiatan di halaman Kantor Bupati Batola yang diikuti para ASN lingkup Pemkab Batola, para pelajar SD, SLTP, SLTA, masyarakat umum, para pimpinan organisasi wanita, para pimpinan SKPD, dan para anggota forkopimda ini dilaksanakan dalam rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Barito Kuala.
Menariknya, gelaran yang menyediakan undian doorprize berhadiah empat buah sepeda dan sejumlah elektronik lainnya seperti 30 buah tumbler, beberapa buah kipas angin, kompor gas, setrika, magic jar, dan puluhan buah payung ini dibuka Bupati Hj Noormiliyani AS.
Selain senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis bertema “Germas Hidup Sehat Ayo Makan dengan Konsep Isi Piringku” ini juga digelar penyelenggaraan stand display jamu, penyuluhan Dagusibu (IAI PC Batola), serta kegiatan gemar makan buah untuk anak.
Bupati Batola Hj Noormiliyani AS mengucapkan Selamat HKN ke-55 Tahun 2019.
Bupati perempuan pertama di Kalsel itu sangat menyambut baik atas digelarnya senam bersama dan pemeriksaan kesehatan gratis. Ia berharap melalui kegiatan dapat mendorong dan memasyarakatkan olahraga serta membudayakan hidup sehat.
Melalui Peringatan HKN ke-55 tahun 2019, Noormiliyani, mengajak seluruh masyarakat berperan menjadikan momentum untuk meningkatkan derajat kesehatan dengan memprioritaskan tindakan promotif dan preventif.
Mantan Ketua DPRD Provinsi Kalsel itu mengatakan, saat ini pemerintah sedang menggencarkan kampanye Isi Piringku sebagai pengganti konsep Empat Sehat Lima Sempurna. Isi Piringku, terang dia, merupakan pedoman agar masyarakat paham akan pentingnya makan sehat dengan gizi seimbang.
Isi Piringku, sebut bupati yang 10 tahun pernah menjadi Ketua TP-PKK Batola ini, sebenarnya mendorong masyarakat untuk makan dengan gizi seimbang, tetapi konsep gizi seimbang sulit dimengerti sepenuh oleh masyarakat, sehingga disederhanakan menjadi Isi Piringku dengan digambar secara visual agar mudah dikenali anak-anak maupun orang dewasa.
Porsi dan jenis makanan yang ada dalam Isi Piringku, terang isteri mantan Bupati Batola dua periode H Hasanuddin Murad itu, terdiri dua pertiga dari setengah piring sumber karbohidrat, dua pertiga dari setengah piring sayuran, setengah dari setengah piring lauk pauk, dan setengah dari setengah piring buah.
Sebelumnya, Kadinkes Batola dr Hj Azizah mengatakan, diselenggarakannya senam bersama dan pemeriksaan gratis ini merupakan rangkaian dari Peringatan HKN ke-55 tahun 2019 di Kabupaten Batola.
Selain senam dan pengobatan gratis, terang Hj Azizah, Dinkes Batola telah menggelar bakti sosial pelayanan kesehatan gigi dan mulut pada 26 Oktober, bakti sosial promosi dan edukasi kesehatan serta pelayanan kesehatan pada 28-31 Oktober.
Di samping sejumlah kegiatan di atas, Kadiskes Batola itu juga mengatakan, pihaknya juga akan menyelenggarakan jambore saka bakti husada pada 14 November, menyelenggarakan Upacara Puncak HKN tanggal 18 November, serta menggelar aneka fun games dan perlombaan bagi insan kesehatan seperti lomba memindah tepung, memasukan paku dalam botol, senam cerdik, fun games kaos berjalan, dan pertandingan bulutangkis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.